Home » » Cara Membangun Jaringan Hotspot Area Dengan Mudah

Cara Membangun Jaringan Hotspot Area Dengan Mudah

Unknown | 04:05 | 0 comments
 Berikut cara setting dengan menggunakan web browser. Sekarang langsung saja kita simak langkah-langkah di bawah ini:

A. Setting Router
Hubungkan port WAN TL-WR340G ke port LAN Modem dan port LAN TL-WR340G  ke port LAN / ethernet Laptop dengan kabel UTP. Hubungkan port Internet Modem ke jaringan ISP. Hidupkan router dan modem, perhatikan icon di kanan bawah taskbar pada laptop, jika pemasangan kabel sudah benar icon LAN akan aktif, jika icon LAN belum aktif periksa lagi koneksi kabel atau kemungkinan network LAN laptop belum di-enable-kan -> dari Control Panel klik kanan Network lalu pilih Enable.
1.     Buka aplikasi browser, misal IE atau Mozila Firefox,  pada kolom address masukukkan IP 192.168.1.1 | Enter.
2.     Masukan default username =  admin, passwordnya =  admin, kemudian tekan OK. Klik Quick Setup | Next.
3.     WAN Connection Type -> Static IP | Next.
4.     Masukkan IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, dan Primary DNS / Secondary DNS | Next.
5.    Parameter AP Mode, setting: Wireless Radio -> Enable, SSID -> tentukan nama sendiri, Regional -> Indonesia, Chanel -> Automatic, Mode -> 54 Mbps. Next | Finish.
[Biasanya bila router adalah paket bawaan dari Speedy atau ISP maka langkah 1 s/d 5 tidak perlu dilakukan kecuali memang bertujuan ingin merubah username dan password atau mengganti IP addres DNS].
System atau router akan restarting secara otomatis. Lepaskan kabel ethernet laptop dari router, lalu aktifkan Wi-Fi untuk mencari sinyal radio dari router, jika setting berhasil maka sinyal Wi-Fi akan terdeteksi dan laptop bisa langsung koneksi ke internet via hotspot karena ‘hotspot belum di-password’.
B. Security Password pada Hotspot
1.      Login ke router -> masukkan IP address 192.168.1.1 atau setting IP router lain sesuai address segmentasi LAN, pada address browser. Masukan username dan password. Klik Wireless  | Wireless Settings.
2.      Beri centang pada Enable Wireless Security. Setting: Security Type -> WEP, Security Option -> Automatic, WEP Key Format -> ASCII, Key Type -> 128 bit, WEP Key masukkan password yang ingin digunakan (harus diisi sebanyak 13 karakter) | Save.
Laptop yang sudah enable Wi-Fi akan meng-indentifikasi sinyal koneksi Hotspot. Setelah sinyal terdeteksi muncul permintaan Network Key masukkan network key (password) tadi, jika network key nya benar, koneksi akan bisa disambungkan. Jadi hanya mereka yang tahu password atau network key saja yang bisa mengakses hotspot ‘karena hotspot telah di-password’.
C. Security Password pada Acces Point Router
Untuk keamanan gantilah password  Acces Point Router TP-Link TL-WR340G -> login  ke router melalui gateway pada browser, lalu klik System Tools kemudian klik Password. Masukkan username yang lama (Old User Name): admin, masukan password yang lama (Old Password): admin  kemudian masukkan username baru di kolom New User Name, lalu isi kembali di kolom Confirm New Password. | Save.

 Demikian cara Membangun Jaringan Hotspot Area yang dapat saya sampaikan kepada kalian para pembaca, semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya, mohon maaf jika ada salah-salah kata dari penggunaan bahasa yang kurang berkenan dihati para pemirsa, Terima Kasih,
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Artwork And Computers - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger